Destiniasi Wisata Ke Pulau KamrimunJawa

0
Rate this post

Image result for ikone pulau karimun jawaKarimunJawa berlokasi Di sebelah utara Pulau Jawa, tepatnya terletak di kabupaten Jepara, Jawa Tengah kamu akan menemukan salah satu surga tersembunyi bernama kepulauan KarimunJawa. Namanya begitu populer di kalangan para Wisatawan yang suka sekali wisata laut.

Pantai-pantainya memiliki gradasi warna biru kehijauan dan masih bening sangat bening seperti melihat kristal. Belum lagi alam bawah lautnya. Gak cuma pantai nya sajah, di Pulau Karimunjawa ini juga menyediakan wisata alam lainnya yang bisa kamu temukan ketika mengunjungi Karimun Jawa.

Nama Karimunjawa sendiri berasal dari dari sebuah cerita rakyat atau penduduk sekitar. Konon dulu Sunan Muria membuang anaknya yang nakal yang bernama Syekh Amir Hasar ke pulau yang kremun-kremun dalam bahasa Jawa, yang mempunyai artinya samar-samar.

Karena tampak kremun-kremun maka pulau ini dinamakan pulau Karimun dan kini pulau tersebut akrab dikenal dengan nama Karimunjawa.  Image result for Destinasi wisata karimun jawa

Pulau Karimun Jawa dijadikan Taman Nasional pada bulan Maret 2001 ini merupakan rumahnya hutan bakau, terumbu karang, hutan pantai dan ratusan spesies fauna laut yang lebih dari 300 jenis diantaranya merupakan jenis ikan hias. Kepulauan ini juga merupakan rumah bagi beberapa hewan langka seperti Elang laut dada putih, penyu sisik dan penyu hijau.

Keistimewaan lain di kepulauan Karimun Jawa ini  ada satu tumbuhan yang hanya terdapat di Pulau Karimun Jawa ini. Tanaman tersebut adalah tumbuhan Dewandaru. Wisatawan sangat tidak dianjurkan untuk memetik atau membawa pulang tumbuhan ini bila berkunjung ke Karimunjawa karena ada cerita yang di percai masyarakat sekitar bila ada wisatawan yang memetik dan di bawa pulang maka kapal yang wisatawan itu tumpangi akan tenggelam.

Aktivitas Wisata Karimun Jawa 

1. Pantai Tanjung GelamImage result for pantai ujung gelam wisata karimunjawa

Pantai Ujung Gelam adalah spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam. Di pantai ini pula, wisatawan biasanya menyempatkan diri untuk berfoto ria dengan latar pohon kelapa miring. Kalau kamu ke Karimun Jawa, sempatkan mampir ke pantai Tanjung Gelam.

2. Pulau Menjangan KecilImage result for Pulau Menjangan Kecil wisata karimunjawa

Nggak lengkap rasanya kalau nggak menceburkan diri ke laut di Karimunjawa. Alam bawah lautnya sayang banget untuk dilewatkan. Biasanya, pemandu wisata akan mengajakmu ke spot Maer untuk snorkelling. Terumbu karang dan ikan-ikan hiasnya cantik banget, asli

3. Pulau Menjangan BesarImage result for Pulau Menjangan Besarwisata karimunjawa

di Pulau Menjangan Kecil kamu menyaksikan ikan-ikan cantik di bawah laut, maka di Pulau Menjangan Besar saatnya kamu menantang dirimu untuk menginjakkan kaki di air kolam penangkaran hiu. Tapi tenang, ikan hiunya jinak kok. Kamu bisa berfoto bersama hiu-hiu yang lagi melintasi kakimu.

4. Hutan Mangrove Karimunjawa

Image result for Mangrove Karimunjawa Wisata karimunjawa

Karimunjawa juga punya wisata pohon mangrove lho. Mangrove Karimunjawa terletak di Pulau Kemujan. Kawasan mangrove ini cukup luas untuk dibuat trekking santai bareng teman-teman.

Di mangrove ini juga ada gardu pandang. Coba deh, kamu naik ke gardu pandang untuk menyesap keindahan mangrove dan sekitarnya. Tempatnya lovable banget nih untuk menyaksikan matahari terbenam.

5. Spot NyamplunganImage result for Spot Nyamplungan Wisata karimunjawa

Snorkelling lagi yuk! Kali ini di spot Nyamplungan. Airnya yang bening membuatmu memiliki jarak penglihatan yang bagus di dalam air.

6. Pulau Geleang Image result for Pulau Geleang Wisata karimunjawaSudah capek snorkelling? Saatnya makan nasi dan ikan bakar di Pulau Geleang. Bayangkan, setelah kamu bersenang-senang dengan main air laut, kamu diajak kembali ke darat untuk makan ikan bakar yang rasanya masih segar. Ditemani nyiur nan semilir dan hembusan angin laut, kamu bisa melahap ikan yang langsung diambil dari laut sekitar. Mantap jiwa,

Lokasi Karimun JawaImage result for selamat datang di karimunjawa

Lokasi Kepulauan Karimunjawa terletak sekitar 83 kilometer utara dari kota Jepara. Kepulauan ini dapat dicapai dengan menggunakan kapal baik dari Semarang maupun Jepara. Ada dua pilihan kapal untuk mencapai kepulauan ini, kapal cepat dan kapal ekonomi.

Kalo wisatawan menggunakan kapal cepat biasanya hanya berangkat seminggu sekali dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang, biasanya setiap Sabtu dan kembali setiap hari Minggu siang dengan lama perjalanan 2-3 jam.

Kapal ekonomi biasanya berangkat setiap dua hari sekali dari pelabuhan Pantai Kantini Jepara dengan lama perjalanan sekitar 6 jam.

Perjalanan pelayaran selalu tergantung dari cuaca dan ombak laut Jawa. Bila cuaca dan ombak tidak mendukung, maka pihak perhubungan dapat menunda atau membatalkan pelayaran menuju kepulauan ini.

Selain Pasilitas kapal, kepulauan Karimunjawa dapat juga dicapai dengan menggunakan pesawat dari bandara Ahmad Yani Semarang menuju bandara Dewa Daru di pulau Kemujan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit pastinya lebih cepat menggunakan pesawat.

Tiket Dan Biyaya transportasi Ke Karimunjawa 

1. Tiket kapal pulang pergi kapal cepat  = Rp. 350.000
2. Transport mobil di karimunjawa saat turun dari kapal
dan saat pulang dari penginapan ke kapal / cekout = Rp. 100.000
3. Makan di karimunjawa 1x makan @17-20.000, 3x = Rp. 60.000
4. Tour laut 1x @150-250.000, 1x = 150.000
5. Retribusi pelabuhan karimun, tiket masuk wisata dll  = Rp. 100.000

Jam Buka Pulau Karimunjawa

Pulau Karimunjawa buka 24 jam. Bagi para pengunjung di harapkan mengetahui jadwal kapal atau pesawat untuk ke Karimunjawa ini.

Penginapan Atau Hotel

Image result for penginapan karimunjawa

Ini adalah salah satu penginapan atau hotel di Karimunjawa yang saya rekomendasikan untuk para wisatawan.

Karimun Lumbung mungkin menjadi satu-satunya penginapan di Karimunjawa yang memiliki bentuk seperti rumah hanoi. Lokasi Karimun Lumbung pun tidak jauh dari alun-alun kota, kurang lebih butuh waktu 15 menit berjalan kaki.

Di sana terdapat beberapa cottage yang bisa disewa dengan fasilitas kamar yang standar seperti hotel pada umumnya. Perihal pemandangan, Karimun Lumbung dikenal memiliki keindahan alam yang tersembunyi. Penginapan ini menghadap ke danau kecil. Sekeliling penginapan, terdapat pepohonan hijau rindang yang menyejukan. Harga: Mulai dari Rp280.000

Sedikit ulasan dari kami mengenai destinasi wisata Pulau Karimunjawa. Siapakan angenda bermain ke pulau ini dengan teman-teman. Ini akan menjadi hal yang sangat menyenangkan liburan ke Pulau Karimunjawa. Dengan suasana terpencil dan asri yang dimiliki pulau ini, tidak heran memang jika banyak orang menjadikan tempat ini sebagai tempat pelarian dan bersantai.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.