Pantai Karang Hawu, Pesona Indahnya Alam Dan Misteri Nyai Roro Kidul

0
Rate this post
Foto Instagram by : @jahgwaan.cinematictv

Siapa pun menginginkan relaksasi ringan demi menghindarkan diri dari rutinitas yang menjenuhkan. Well, Pantai merupakan salah satu tempat rekreasi yang dapat membuat pikiran rileks sehingga mampu menyegarkan pikiran sejenak. Para psikolog mengatakan bahwa layunan ombak dan hembusan angina Pantai mampu menenangkan otak dengan sedikit menghirup udara perlahan agar aliran darah lancar.

Energi positif akan seraya mengaliri tubuh melalui pemandangan biru laut yang menyihir setiap pasang mata dan Pantai Karang Hawu adalah jawaban bagi anda yang memiliki kejenuhan tingkat dewa dan ingin sejenak meliburkan dan merelaksasi diri dari rutinitas yang membosankan. Pantai yang terletak di Kabupaten Sukabumi provinsi Jawa Barat ini memiliki ke khas-an tersendiri dari Pantai-Pantai lain. Tebing yang menjorok merupakan ciri khas dari Pantai yang terletak satu garis dengan Pantai Pelabuhan Ratu ini dimana nuansa nya bagaikan Pantai Kuta di Bali dengan suasana lebih sepi dan damai.

Pantai yang memiliki istilah dalam bahasa Sunda dengan arti tungku karang ini tidak lepas dari cerita rakyat yang melegenda yaitu Nyi Roro Kidul. Selain fasilitas alam berupa ombak, tebing karang dengan legenda mistis, sunrise dan sunset, ombak biru dan hamparan pasir yang luas, wisata Pantai Karang Hawu ini juga menyediakan berbagai fasilitas umum berupa mushola, toilet, parkiran luas, papan selancar yang disewakan, mini market dan berbagai rumah makan yang menjual makanan khas Sukabumi dan seafood serta kios yang menjual cinderamata.

Obyek wisata di Pantai Karang Hawu

1. Ombak besar

Foto Instagram by : @tofa_ibrohim76

Ombak yang besar di sini dapat dimanfaatkan para surfer untuk bermain di Pantai ini dimana bagi yang yang masih asing dengan surfing tidak disarankan bermain karena ombak yang cukup besar.

2. Keindahan Sunrise dan Sunset

Foto Instagram by : @andre_ariyan

Pantai dengan ombak yang besar dan hamparan pasir yang luas ini juga menyediakan landscape yang luar biasa menakjubkan dengan sunrise dan sunset yang mampu menyihir siapa saja yang berkunjung ke sana.

3. Spot Foto 

Foto Instagram by : @kuyriss_

Tidak hanya ombak besar dengan warna biru laut yang dapat dimanfaatkan untuk berselancar, kawasan wisata bahari ini juga menyediakan berbagai spot foto terbaik karena bentuk Pantai nya yang sedikit banyak mirip dengan Pantai di Pulau Dewata sehingga sangat disarankan bagi para penggila fotografi atau pun selfie untuk membawa HP atau kamera guna mengisi laman instagram.

4. Legenda Mistis

Foto Instagram by : @nurul.nuraeni

Tungku karang diambil berdasarkan tebing menjorok dengan banyak lubang yang dipercayai sebagai singgahsana Nyi Roro Kidul karena Pantai Karang Hawu ini masih dalam satu kesatuan dengan Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta. Masyarakat sekitar juga mempercayai bahwa dengan membasuh muka di tungku atau cekung karang tebing itu akan membawa berkah dan dapat mengobati segala penyakit.

5. Rumah Makan

Foto Instagram by : @umargalih_27

Tidak hanya secara rohaniah pengunjung akan dimanjakkan dengan nuansa alam yang menakjubkan namun juga hadirnya deretan rumah makan dengan sajian masakan laut khas Sukabumi juga mampu memanjakkan lidah anda.

Lokasi Pantai Karang Hawu

Foto Instagram by : @nurdinsikalem

Caringin, Cisolok, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43366, Indonesia, Sukabumi, Jawa Barat.

Rute Menuju Lokasi Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu ini terletak di bagian paling Selatan Kabupaten Sukabumi dengan jarak yang tidak jauh dari Pelabuhan Ratu, Pantai Cibangban, Pantai Cimaja dan Pantai Citepus sehingga tentu tidak sulit bagi pengunjung yang berasal dari dalam wilayah Sukabumi.

Alamat detail Pantai Karang Hawu terletak di Kecamatan Cisolok tepatnya di Desa Cekakak atau berjarak sekitar 73 km dari pusat kota Sukabumi. Pengunjung dapat dengan mudah menggunakan aplikasi GPS untuk menemukan wisata bahari yang menakjubkan ini atau melalui layanan ojek online yang sudah tersedia akses nya di wilayah ini terutama para pelancong yang datang menggunakan kendaraan umum.

Bagi pengunjung dari Jawa Tengah yang menggunakan kendaraan pribadi disarankan untuk melalui jalan Tol Cipali dibanding jalan Raya Pantura karena akan menghemat 1 jam perjalanan. Dari Tol Cipali sejauh 515.4 km menuju Sukabumi. Pengunjung yang datang dari wilayah Jakarta, Tangerang atau Bekasi dapat melalui jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tangkil-Agrabinta yang apabila berasal dari Jakarta Pusat hanya akan memakan waktu 4 jam 30 menit atau 139.1 km.

Bagi pengunjung dari Banten dapat melalui Jalur Raya Pantura, Tol Merak atau apabila melewati Jakarta dapat lanjut ke Tol Tangerang dengan jarak waktu tempuh total sekitar 6 jam.

Harga Tiket Masuk di Pantai Karang Hawu

Untuk dapat memasuki wisata bahari ini tidak membutuhkan kocek yang banyak yaitu cukup dengan Rp 2.500 per orang yang sudah termasuk tariff parkir anda dapat menikmati keindahan tebing karang dan ombak laut yang menggoda dimana Pantai Karang Hawu ini buka 24 jam setiap hari. Karena harga tiket masuk yang cukup murah setiap pengunjung disarankan untuk menjaga kebersihan dan kesopanan.

Jam Buka Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu buka 24 jam untuk kunjungan wisatawan.

Sekian Ulasan Mengenai Pantai Karang Hawu ini, semoga memberikan gambaran untuk kalian yang ingin mengetahui pantai karang hawu sebelum mengunjunginya, ayo segera berkunjung ajak teman-teman agar lebih asik liburannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.