Pantai Karang Taraje, Pesona Karang Yang Sangat Indah

0
Rate this post
Foto Instagram by : @auliaogy

Pantai Karang Taraje, sebuah pantai di kawasan Wisata Desa Sawarna memiliki nuansa alam yang akan menambah list pantai unik. Nama Karang Taraje sendiri berasal dari bahasa Sunda, sebuah bahasa dari suku di Jawa Barat. Karang Taraje berarti bebatuan karang seperti kumpulan anak tangga. Kontur dan panorama pantai di Banten ini menjadikannya sebagai pusat perhatian, sekaligus ikon kota Banten.

Pantai yang dikenal sebagai salah satu pantai Lebak Selatan ini terletak di Kabupaten Lebak, Banten. Lebih tepatnya, lokasi pantai ini ada di 4 kilometer setelah desa yang masih alami bernama desa Bayah. Jika di pantai lain anda disuguhi pemandangan ombak, pasir, dan horizon laut, di pantai ini anda akan disambut juga dengan pemandangan batuan karang yang unik yang mengalir air dari atas seperti air terjun.

Daya Tarik Pantai Karang Taraje

1. Pemandangan Karang Berair Terjun

Foto Instagram by : @llymargareth

Pemandangan pantai Karang Taraje sangat indah dan membuat siapa saja merasa takjub. Namun ternyata tidak hanya pemandangan pantai dengan ombak bergulung saja yang indah. Sebuah karang menutup sebagian pantai seperti tembok yang menghalangi datangnya deburan ombak yang ganas.

Tembok karang ini berbentuk seperti kumpulan anak tangga. Deburan ombak dari balik batu karang yang cukup keras menghantam karang hingga airnya melewati bebatuan dan turun dari atas ke bawah seperti air terjun. Pemandangan ini sangat khas dan menarik banyak wisatawan karena sangat eksotis dan hanya ada di pantai yang satu ini.

2. Spot Foto Keren dan Instagramable

Foto Instagram by : @maelajuly07

Mendapatkan foto keren dan tidak pasaran, pasti menjadi kebanggaan tersendiri. Dengan berwisata ke pantai Karang Taraje anda bisa mendapatkannya dengan gratis. Apalagi di pantai ini terdapat spot foto unik berupa bebatuan karang seperti air terjun yang menambah kesan panti anti mainstream di Banten.

3. Menyusuri Pantai

Foto Instagram by : @atriamaharanii

Berjalan menyusuri pantai yang sejuk dan tenang adalah aktivitas yang bisa menyegarkan kembali pikiran yang suntuk dan tubuh yang penat. Pantai ini memiliki lingkungan yang bersih, dengan pasir putih yang menghampar dengan sangat indah. Bebatuan karang yang tersebar di pantai menjadikan pantai Karang Taraje semakin dipilih untuk sekedar berlibur santai seperti menyusuri pantai.

4. Bersantai 

Foto Instagram by : @agustinadjafar

Datang ke tempat wisata alam pantai beramai-ramai bersama keluarga atau teman memang cocok sekali jika sambil piknik. Terdapat area yang luas dan teduh untuk anda bersantai bersama mereka. Sambil menikmati kesejukan dan kesegaran pantai Karang Taraje yang tidak akan membuat anda menyesal. Siapkan peralatan dan kebutuhan piknik sebelum berangkat seperti tikar, makanan, dan minuman.

5. Spot Camping

Foto Instagram by : @eweuh_bujalan

Camping memang kegiatan yang sangat seru apalagi sambil membakar ikan di pinggir pantai bersama teman-teman. Suara deburan ombak dan pantai pasir putih merupakan perpaduan yang cocok serta semakin lengkap jika anda menginap di pantai ini dengan menggunakan tenda. Pilihlah jadwal liburan yang agak panjang agar kegiatan camping lebih seru dan tidak terburu-buru.

Lokasi Pantai Karang Taraje

Foto Instagram by : @erlin_ilmani

 Jl Desa Darmasari, Jl. Raya Transit Bayah Cisolok, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 4239.

Rute Menuju Lokasi

Anda tidak akan susah menemukan di mana pantai ini berada, karena rute untuk menuju tempat wisata ombak dan pasir putih ini tidak terlalu rumit. Terutama bagi anda yang datang dari luar kota Banten, rute termudah bisa anda mulai dari Jakarta yang aksesnya sangat mudah jika anda berangkat dari sana. Dari Jakarta anda bisa naik kendaraan seperti bus atau kendaraan pribadi.

Dari Jakarta anda terlebih dahulu melaju ke kota Tanggerang untuk kemudian menuju ke Serang. Dari serang lalu melanjutkan perjalanan ke Pandeglang, setelah itu barulah ke Saketi. Ketika sudah tiba di Saketi pergilah ke arah Malingping. Setibanya di Malingping, anda sudah berada sangat dekat dengan pantai Karang Taraje. Anda hanya perlu ke desa Bayah lalu mengikuti penunjuk jalan di sana.

Rute alternatif yang lain, anda tetap memulai perjalanan dari Jakarta namun bukan ke Tanggerang terlebih dahulu. Dari Jakarta anda langsung menuju ke Serang. Sampai di serang kemudian penuju ke Pandeglang hingga ke daerah Rangkasbitung. Setelah itu arahkan kendaraan anda menuju ke Gunung Kencana lalu ke Malingping. Setelah itu rute yang anda lewati sama seperti rute sebelumnya dan tibalah di pantai tujuan.

Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi akses jalan yang ada. Dahulu memang jalan menuju ke pantai Karang Taraje sedikit susah dan banyak jalan yang rusak. Namun saat ini akses jalan lancar dan sudah diperbaiki, sehingga perjalanan anda lebih nyaman dan tidak perlu kerepotan menghindari jalan yang rusak.

Harga Tiket Masuk

Keindahan alam di Pantai Karang Taraje yang merupakan wisata alam ini dapat dinikmati sepuasnya selama 24 jam penuh. Tidak ada biaya tiket masuk alias gratis. Anda cukup membayar biaya parkir saja tergantung jenis kendaraan anda. Untuk motor dikenakan biaya parkit Rp 2.000,- dan untuk mobil dikenakan biaya parkir Rp 5.000,-.

Jam Buka Pantai Karang Taraje 

Pantai ini di buka 24 jam setiap harinya. Jadi kalian bisa datang kapan saja ke tempat wisata ini.

Ayo kunjungi Wisata Pantai Karang Taraje ini jangan lupa untuk aja keluarga atau teman-teman untuk berkunjung ke sini agar suasana liburan nya semakin seru.

Leave A Reply

Your email address will not be published.