Pantai Lombang, Sumenap Jawa Timur, Cocok Untuk Dijadikan Tempat Bersantai

0
Pantai Lombang, Sumenap Jawa Timur, Cocok Untuk Dijadikan Tempat Bersantai
5 (100%) 1 vote
Foto Instagram by : @pantailombang

Musim liburan akan segera datang. Sudahkah Anda menentukan kemana tujuan liburan selanjutnya?. Bila Anda belum menentukan kemana akan mengajak teman atau keluarga, Pantai Lombang bisa menjadi salah satu alternatif pilihannya.

Pantai Lombang terletak dibagian timur Sumenep, kira-kira berjarak 26 kilometer dari pusat Kota Sumenep. Pantai yang tepatnya beradai di Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat indah. Tidak heran jika Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata alam di Pulau Madura yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing.

Daya Tarik Pantai Lombang

1. Berenang Di Bibir Pantai 

Foto Instagram by : @fathoni_alexis_07

Bukan berlibur ke Pantai namanya apabila Anda tidak menyempatkan diri untuk bermain air disepanjang Pantai. Hal ini bisa dilakukan ketika mengunjungi Pantai Lombang. Arus ombaknya yang cukup tenang membuat Pantai ini aman untuk dijadikan tempat berenang. Anda pun bisa bermain air sepuasnya bersama teman atau keluarga.

Untuk menambah keseruan, Anda bisa menyewa pelampung, ban, atau Papan Surfing yang disewakan oleh penduduk sekitar. Bagi yang senang snorkeling, Anda bisa melakukannya di Pantai ini. Ada beberapa tempat yang menyewakan peralaan-peralatannya. Untuk masalah MCK Anda tidak perlu khawatir karena sudah disediakan tempat pembilasan dan kamar mandi. Apabila ingin menggunakan fasilitas tersebut, Anda hanya perlu membayar uang kebersihan sebesar Rp. 2.000,-.

2. Bersantai di Bawah Pohon Cemara

Foto Instagram by : @ronywijaya29

Selain memiliki pasir putih, keunikan lain yang dimiliki oleh Pantai Lombang adalah tumbuhnya Pohon Cemara Udang. Bentuk ranting-rantingnya yang membungkuk seperti udang membuat pohon ini dipanggil sebagai cemara udang. Konon katanya tidak semua Pantai bisa ditumbuhi oleh jenis tanaman ini.

Hanya Pantai di Laut Cina Selatan dan Pantai Lombang lah yang memilikinya. Hal tersebut adalah sesuatu yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berwisata ke Pantai ini. Anda bisa mengabadikan momen bersama teman atau keluarga di spot ini. Anda juga bisa memutuskan untuk menggelar tikar dibawah pohon dan bersantai sambil menikmati pesona keindahan Pantai Lombang.

3. Wisata Kuliner

Foto Instagram by : @cafe_pasir

Setelah berenang dan bermain di sepanjang Pantai, pasti Anda merasa kelaparan. Untuk mengatasi perut keroncongan, Anda tak perlu khawatir. Di Pantai ini banyak warung-warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman. Adapun makanan khas yang bisa Anda cicipi adalah Rujak Lontong Madura.

Perpaduan timun, lontong, tahu, tempe, dan kecambah yang disiram saus kacang yang dicampur dengan cepuk petis khas Madura membuat makanan ini semakin lezat. Anda juga bisa bisa meminta ekstra cabai bagi yang senang dengan makanan pedas. Untuk seporsi rujak ini, Anda hanya perlu mengelurakan uang sebesar Rp.10.000,-. Jangan lupa juga untuk memesan seporsi es kelapa muda segar yang bisa dinikmati dengan harga Rp.6.000,- saja.

4. Memancing

Foto Instagram by : @irvansyah87

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, jangan lupa untuk membawa peralatan memancing apabila memutuskan untuk berlibur ke Pantai Lombang. Ada beberapa spot yang bisa digunakan untuk mengisi liburan dengan hobi Anda tersebut. Namun perlu usaha ekstra untuk menuju spot memancing ini. Tanyalah penduduk sekitar apabila Anda kesulitan menemukan spot tersebut.

5. Spot Foto 

Foto Instagram by : @moh_fadlillah_fahri

Sunguh menyesal jika kalian datang ke pantai ini tampa membawa kamera. Di Panttai Lombang ini banyak spot foto yang indah-indah, seperti foto berlatarkan pantai, foto berlatar pohon cemara dan spot foto yang sudah di sediakan oleh pengelola.

Jadi sampai lupa ya membawa kamera atau handpone agar liburan kalian di pantai ini dapat di abadikan lewat foto.

6. Belanja Pernak-Pernik Khas Pantai Lombang

Foto Instagram by : @rifdahnurulhidayati

Sebelum Anda pulang, tak ada salahnya untuk menyempatkan berbelanja disekitar Pantai Lombang. Anda bisa membeli aneka kerajinan laut yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh bagi teman atau keluarga. Macamnya pun beranekaragam. Mulai dari baju Pantai, sarung Pantai,  sendal, gelang yang terbuat dari kerang, jam pasir, hiasan dinding, hingga berbagai olahan makanan laut.

Lokasi Pantai Lombang

Foto Instagram by : @davha_46

Lokasi Pantai Lombang di, Batang Batang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Indonesia, Sumenep, Jawa Timur.

Ada beberpa alternatif jalan yang bisa Anda pilih untuk menuju Pantai Lombang. Jika Anda berada diluar Pulau Madura, jalur pertama yang harus dilalui adalah Jalan Tol Suramadu. Setelah sampai di pintu loket, Anda hanya perlu mengikuti Jalan H. Mohammad Nur. Ketika sampai di pertigaan Pos Polisi Tangkel, Anda harus mengambil jalur kiri ke Jalan Raya Burneh. Setelah 1 kilometer berjalan, Anda akan sampai di Bunderan Burneh.

Di bunderan tersebut Anda harus mengambil Jalur kiri ke Jalan Raya Tanjung. Ketika Anda sampai di lampu merah Panwaslu Kabupaten Bangkalan, beloklah ke kanan ke Jalan Kapten Syafiri. Setelah melihat Rumah Makan Sekep Jaya, ambilah jalur ke Jalan Pertahanan. Setelah itu Anda akan sampai di perempatan Pasar Tradisional Bangkalan. Dari sana, beloklah ke kanan ke Jalan Raya Bancaran. Langkah selanjutnya, Anda hanya perlu mengikuti Jalan Raya Batu Lenger. Kemudian Anda akan sampai di pertigaan Belukaras.

Dari sana belok kanan ke Jalan Raya Dasuk Manding. Setelah beberapa menit berjalan, Anda akan sampai di pertigaan Manding. Dari sana Anda mengambil jalur kanan ke Jalan Raya Manding Batuputih. Kemudian Anda akan sampai di Lapangan Bola Batang-Batang. Dari sana beloklah ke kiri ke Jalan Raya Gapura Batang-Batang. Setelah tiba di perempatan Pasar Legung Timur, beloklah ke kanan. Dua kilometer kemudian Anda akan melihat papan bertulliskan ” Pantai Lombang”. Berbeloklah ke kiri. Setelah itu Anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk sampai di Pantai Lombang.

Namun apabila Anda beradia di pusat Sumenep, hal yang perlu dilakukan dari Taman Adipura Kota Sumenep adalah dengan masuk ke Jalan Halim Perdanakusuma. Setelah sampai di persimpangan Taman Bunga Pamolokan, Anda harus mengambil jalur kanan ke Jalan Raya Gapura. Setelah berjalan beberapa menit, Anda akan menemukan papan petunjuk ke arah Jalan Wisata Lombang. Masuklah ke jalur tersebut. Sekitar 1,5 kilometer kemudian, Anda akan menemukan perempatan Putra Jaya. Di persimpangan tersebut beloklah ke kanan. Setelah itu Anda akan menemukan papan besar yang menunjukan arah ke Pantai Lombang. Beloklah ke arah kanan. Beberapa menit kemudian Anda akan tiba di Wisata Pantai Lombong.

Harga Tiket di Pantai Lombang

Anda tidak perlu khawatir ketika memutuskan untuk berlibur ke Pantai Lombang. Selain menyuguhkan pemandangannya yang luar biasa, biaya yang perlu dikeluarkan pun terbilang murah.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang. Apabila membawa  kendaraan, Anda harus membayar Rp. 5.000,- untuk biaya parkir motor dan Rp. 10.000,- untuk biaya parkir mobil. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa berlibur sepuasnya di Pantai Lombang ini.

Jam Buka Pantai Lombang

Pantai Ini di buka pukul 07:00 sampai 18:00 tetapi bila kalian ingin menginap di pantai ini bisa karena sudah banyak fasilitas penginapan di pantai ini.

Keindahan Pantai Lombang ini harus tetap di jaga ya, jangan sampai buang sampah sembarangan agar pantai ini makin bersih dan keasrian nya tetap terjaga. Ayo segera kunjungi jangan lupa berlibur kesininya ajak teman-teman atau keluargaya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.