Pantai Ngrenehan, Gungungkidul Pesona Batuan Karang Yang Menabjubkan

0
Rate this post
Foto Instagram by : @maleostory

Indonesia merupakan negara kepulauan dimana tentunya memiliki panyak pantai yang mengelilingi pulaunya. Di Yogyakarta saja contohnya, deretan pantai menghiasi kota Gudeg ini tepatnya di daerah Bantul dan Gunungkidul. Oleh karena itu, Yogyakarta tak hanya terkenal dengan wisata candi Prambanan saja, tapi juga wisata alam berupa pantai. Salah satu pantai di Yogyakarta yang sering dikunjungi adalah pantai Ngrenehan.

Sebuah pantai yang berada di desa Kanigoro ini ada di sebuah lekukan perbukitan Gunungkidul. Seakan-akan pantai berada tersembunyi di balik rerimbun pepohonan yang tumbuh subur di area perbukitan. Masyarakat sebagian menyebut pantai ini sebagai pantai Nelayan. Aktivitas kesibukan para nelayan yang mempersiapkan jala, perahu, dan peralatan lainnya menjadi pemandangan tersendiri. Terkadang pengunjung bisa membeli ikan langsung dari nelayan yang menepi ke pantai.

Dayatarik di Pantai Ngrenehan

1. Spot Foto Indah

Foto Instagram by : @uchupdhu

Liburan tak akan lengkap kalau tidak berfoto ria sambil menikmati pemandangan yang ada. Maka tak jarang wisatawan membawa kamera lengkap maupun kamera handphone untuk mengabadikan keindahan yang dilihatnya di pantai Ngrenehan ini. Apalagi saat anda mengunjungi pantai di hari yang cerah, tentunya akan manambah keelokan panorama untuk diabadikan dalam sebuah foto. Destinasi wisata yang satu ini juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk pra-wedding atau pemotretan tahunan para siswa SMP dan SMA karena pemandangannya yang cukup indah.

2. Panorama Teluk yang Cekung

Foto Instagram by : @the_minims

Pantai Nelayan yang terletak di Gunungkidul ini sebenarnya berada pada lekukan teluk. Kondisi geografisnya yang indah yaitu dikelilingi perbukitan dan karang-karang, membuat siapa saja ingin mengunjunginya lagi. Panorama ini tentunya membuat mata takjub dan sangat unik dibandingkan dengan pantai lain. Terlebih lagi jika dilihat dari atas menggunakan kamera drone, maka akan tampak sekali keindahan dan keunikannya.

3. Bukit Karang

Foto Instagram by : @adhanniredlabel

Di pantai Ngrenehan, anda akan menemukan sebuah bukit yang menarik dan juga unik. Hal ini karena bukit tersebut dipenuhi dengan cangkang dan kerang-kerang khas laut. Membuatnya menjadi pesona tersendiri bagi para pengunjung. Sudah pasti membuat anda tidak akan menyesal berwisata seru di pantai Ngrenehan bahkan ingin menginjakkan kaki kembali di pantai ini.

4. Berenang di Pantai

Foto Instagram by : @aji_abdulghofur

Karena posisi pantai ini yang dikelilingi oleh cekungan perbukitan mirip teluk, menyebabkan rendahnya ombak yang datang. Dengan kata lain ombak yang mampir ke pantai Ngrenehan sangat ramah, tidak terlalu besar. Selain itu dataran di pinggiran pantai juga landai sehingga membuat pantai ini cocok untuk digunakan sebagai tempat berwisata bagi anak-anak yang ingin berenang di pinggiran pantai.

5. Wisata Budaya

Foto Instagram by : @muhammaddede_dwi

Selain obyek wisata yang disebutkan di atas, ternyata di pantai ini juga sesekali terdapat kegiatan budaya seperti upacara adat. Sambil menikmati pemandangan ala pantai Ngrenehan, anda pun bisa melihat pemandangan kegiatan tradisional yang mistis dari budaya lokal. Untuk dapat melihat kegiatan ini disarankan datang saat bulan purnama terutama ketika ada perayaan hari raya nyepi. Atau anda juga bisa datang saat sore hari sambil menikmati langit senja.

Lokasi Pantai Ngrenehan

Foto Instagram by : @irmayuliana45

Lokasi Pantai Ngrenehan tepatnya berada di Desa kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Ngrenehan

Dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Ngrenehan, jaraknya sekitar 53,7 Kilometer. Dengan kendaraan bermotor diperlukan waktu sekitar 1,5 jam.

Jika memulai perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta, ambil ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan. Lanjutkan perjalanan melalui Jalan Imogiri Barat. Sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan Raya Panggang Wonosari, lalu di pertigaan ke arah selatan menuju Jalan Paliyan Ngobaran, kemudian sampai di pertigaan ke arah timur ke Jalan Ngobaran Ngrenehan, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Pantai Ngrenehan.

Harga Tiket Pantai Ngrenehan

Biaya tiket masuk ke Pantai Ngrenehan relatif terjangkau. Pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 5.000,-. Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai Ngrenehan pengunjung dikenakan biaya sesuai jenis kenaraan. Sepeda Motor: Rp 3.000, Mobil: Rp 5.000, Bus Sedang: Rp 15.000, Bus Besar: 20.000.

Jam Buka Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan dibuka untuk kunjungan wisatawan, mulai jam 05.00 sampai Malam. Tidak ada batas defenitif mengenai waktu tutup pantai ini.

Pantai Ngrenehan ini sangatlah indah jadi tunggu apalagi, ayo bergegas untuk mengunjungi pantai ini, jangan lupa untuk ajak keluarga dan teman-teman ya biar seru liburannya dan semakin hangat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.