Pantai Ngrumput, Gunungkidul Yang Penuh Dengan Keindahan Di Dalam Nya

0
Rate this post
Foto Instagram by : @pantai_ngrumput

Pantai Ngrumput mulai dikenal belakangan ini karena keindahan pantainya. Area pantainya yang luas dan lebar membuat pantai ini sering digunakan untuk kegiatan camping. Pasirnya yang putih dan bersih menambah keindahan pantai yang berada di balik perbukitan dan persawahan.

Ombak di pantai ini sama seperti ombak-ombak di pantai lainnya, cukup besar tapi masih bisa digunakan untuk bermain air. Di sisi sebelah timur terdapat sebuah bukit bernama Bukit Kosakora yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan pantai dan laut selatan Gunungkidul. Dari puncak Bukit Kosakora ini juga bisa digunakan untuk melihat sunset dan sunrise. Pantai Ngrumput diapit oleh dua bukit di sisi sebelah kanan dan kirinya. Di area ini, biasanya pengunjung gunakan untuk bermain air di antara bebatuan yang ada di sana.

Pantai Ngrumput berada searah dengan Pantai Drini. Untuk sampai ke pantai ini aksesnya sudah mudah, tetapi kendaraan hanya bisa diparkir di area parkir dan selebihnya berjalan kaki kurang lebih 10-15 menit melewati persawahan dan perbukitan. Meskipun masih terbilang pantai baru, pantai ini sudah memiliki fasilitas yang cukup seperti toilet, tempat makan, musala, dan camping ground

Daya Tarik Pantai Ngrumput

1. Pemandangan Bukit Kosakora

Foto Instagram by : @sdesianaa

Sebelah timur pantai Ngrumput terdapat bukit yang bernama Kosakora. Di sana pengunjung bisa melihat pemandangan lautan juga pantai Ngrumput yang eksotis.Selain itu juga bisa menjadi spot foto yang indah dengan tetap memperlihatkan pantai Ngrumput.

Bukit ini sebenarnya menjadi destinasi wisata tersendiri, namun jika wisatawan berkunjung di bukut Kosakora pastinya tidak bisa melewatkan pantai Ngrumput. Secara tidak langsung, wisatawan juga bisa melakukan hiking ringan melalui buki Kosakora menuju pantai Ngrumput. Jadi, kedua objek wisata ini bisa dikatakan sebagai satu kesatuan atau saling berhubungan.

2. Lautan Biru Mempesona

Foto Instagram by : @yohanesfisherajs

Laut di tepi Pantai Ngrumput sangat indah dengan warnanya yang kebiruan alami. Hal ini bisa menjadi objek foto pengunjung termasuk untuk selfie dan sebagainya. Laut yang biru tersebut juga terbilang bersih, sehingga akan terlihat lebih eksotis jika dilihat dari kejauhan.

Keindahan laut biru di pantai Ngrumput disebabkan karena masih asli dan alami. Laut di sana tidak terkontaminasi dengan limbah, sampah, maupun bahan kimia lain yang dapat merusak ekosistem laut. Jadi, hewan dan tumbuhan laut juga tetap hidup dan terjaga dengan baik.

3. Pantai Pasir Putih yang Bersih

Foto Instagram by : @pantai_ngrumput

Pantai Ngrumput mempunyai pasir yang bersih dan putih, ditambah pula beberapa batuan karang di sekitar pantai.Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk sekedar bermain pasir, bermain bola voli, dan sebagainya.

Kebersihan di pantai ini memang lebih terjaga sebab ada pegawai yang bertugas untuk melakukan pembersihan sampah. Bagi pengunjung yang melakukan camping di sana akan dikenakan biaya retribusi untuk kebersihan pantai.

4. Cocok untuk Camping

Foto Instagram by : @Pantai Ngrumput

Pantai ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan, sehingga sangat cocok untuk lokasi camping bersama teman dekat maupun keluarga. Pengunjung bisa menyewa tenda yang telah disediakan di sana harganya sekitar Rp 70.000–Rp 80.000 atau bisa membawa sendiri.

Bagi pengunjung yang sedang camping dan ingin melakukan bakar-bakar tidak perlu khawatir, karena di sana sudah ada yang berjualan kayu bakar harga sekitar 10 ribu per kayu. Sementara itu, untuk menjaga kebersihan pantai juga ada biaya retribusi kebersihan sekitar 15 ribu.

5. Pemandangan Sunset dan Sunrise yang Indah

Foto Instagram by : @nizarprawiratanjung

Dari Pantai Ngrumput ini wisatawan bisa menikmati pemandangan sunset maupun sunrise yang sangat indah. Pengunjung bisa memanfaatkan hal itu untuk sekedar berfoto di tengah pemandangan sunset maupun sunrise.Wisatawan juga bisa melihat keindahan sunrise dan sunset dari atas Bukit Kosakora. Jadi, ini bisa menjadi spot foto yang instagramable.

Lokasi Pantai Ngrumput

Foto Instagram by : @pantai_ngrumput

Pantai Ngrumput ini terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Lokasi

Pantai Ngrumput jaraknya berdekatan dengan Pantai Drini tepatnya sekitar 1 km ke arah timur. Adapun rute yang bisa dilalui dari Pantai Drini bisa dilakukan dengan cara jalan kaki menyusuri pantai. Jika wisatawan membawa motor, alangkah baiknya diparkir di lokasi Pantai Drini saja.

Jalan dari Pantai Drini menuju Pantai Ngrumput ini cukup sulit untuk dilalui dengan kendaraan roda dua apalagi roda empat. Hal itu disebabkan di sana merupakan jalan setapak yang hanya bisa dilalui dengan cara jalan kaki. Dari jalur ini hanya membutuhkan waktu sakitar 20 menit. Selain itu, wisatawan juga bisa melalui jalur bukit Kosakora yang membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Jika perjalanan dimulai dari Yogyakarta, maka rute yang bisa diambil adalah menuju Cipayung kemudian Patuk – Sambipitu – Lanud TNI Gading – Siyono – Bundaran Tuga BPD jalan lurus ke Timur. Setelah itu akan sampai ke Wonosari dan lanjut menuju Jalan Baron – Tanjungsari – Pos Restribusi kawasan pantai Gunung Kidul lalu mengikuti arah Pantai Drini dan Anda sudah sangat dekat dengan Pantai Ngrumput.

Sementara itu, jika dari Solo bisa melalui Klaten – Yogyakarta – Wonosari – Pos Retribusi Masuk Pantai Baron dan lainnya kemudian melewati Pantai Drini kemudian bisa sampai ke Pantai Ngrumput.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Ngrumput sangat terjangkau yaitu sebesar Rp 10.000 -/orang. Harga ini sebenarnya sudah termasuk tiket masuk ke pantai lain yang ada di sekitarnya seperti Pantai Drini, Baron, Krakal, Kukup, Indrayati, Sepanjang, dan Watu Kodok. Jadi, wisatawan yang berkunjung ke pantai ini seharusnya tidak bisa melewatkan destinasi wisata pantai sekitar.

Bagi pengunjung yang membawa motor harus parkir di wilayah pantai Drini dan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 per motor. Sementara itu untuk parkir mobil dikenakan Rp 5.000 dan bus Rp 20.000. Jika pengunjung ingin naik ke bukit karang akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 dan selfie di spot foto sebesar Rp 2.000.

Jam Buka Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput buka 24 jam untuk kunjungan wisatawan.

Sekian mengenai Pantai Ngrumput ini, indah bukan. Ayo segera kunjungi wisata pantai ini ajak keluarga, sodara atau teman-teman agar suasana liburannya lebih mengasikan dan mengesankan

Leave A Reply

Your email address will not be published.