Pantai Nguyahan, Pesona Bukit dan Karang Yang Sangat Unik dan Indah

0
Pantai Nguyahan, Pesona Bukit dan Karang Yang Sangat Unik dan Indah
5 (100%) 1 vote
Foto Instagram by : @maleostory

Pantai Nguyahan berlokasi di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Sebenarnya pantai ini berdekatan dengan pantai lain yaitu Ngobaran, dimana jarak keduanya hanya sekitar 200 meter. Jadi, jalur menuju kedua pantai tersebut adalah sama.

Pantai ini termasuk pantai yang masih sangat alami dan belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaannya.Pantai Nguyahan juga termasuk dalam pantai yang relatif kecil sehingga tidak banyak fasilitas yang tersedia di sana. Meskipun demikian, pantai ini mempunyai ciri khas tersendiri yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Dayatarik Pantai Nguyahan

1. Pantai Berpasir Putih

Foto Instagram by : @ulfatussaadd

Pantai Nguyahan mempunyai warna pasir yang putih dan lembut yang menambah keindahan pemandangan disana. Selain itu bentuk pantai ini landai sehingga tepat dan aman untuk bermain-main di sekitar laut, seperti halnya bermain bola, voli, dan sebagainya.Jadi, pantai semacam ini sangat cocok juga untuk bersantai sambil memandangi keindahan alam sekitar.

2. Pemandangan Batuan Karang di Tepi Laut

Foto Instagram by : @laresosocaas

Ketika air laut sedang surut, pengunjung akan disuguhi pemandangan batuan karang yang indah. Bukan hanya itu, di sela karang terdapat ikan-ikan kecil yang bervariasi menyangkut di sana. Hal itu pastinya bisa menambah daya tarik pantai ini.

Selain itu juga ada pemandangan rumput dan ganggang laut yang menyangkut di karang dan sekitarnya. Adanya karang yang ditumbuhi rumput laut tersebut membuat warna tepi laut lebih indah dan tampak kehijauan. Pemandangan semacam ini bisa menjadi spot foto bagi pengunjung yang menyukai fotografi.

3. Memanen Rumput Laut

Foto Instagram by : @pantai_nguyahan_

Sebagaimana pemandangan rumput laut yang tumbuh di batuan karang dan sekitarnya, menjadi nilai guna tersendiri bagi masyarakat sekitar. Banyak warga yang memanen mengambil rumput laut sedikit di tengah laut. Hal itu sering terjadi ketika hari-hari biasa atau di luar hari libur.

Hal itu bisa menjadi pembelajaran tersendiri bagi pengunjung terkait dengan kehidupan masyarakat pesisir pantai. Belum tentu di pantai lain juga terdapat pemandangan yang sama, sehingga hal ini bisa menjadi momentum untuk mengebadikannya dengan memotret dan sebagainya.

4. Terdapat Banyak Gubuk Sederhana

Foto Instagram by : @tetsoejaproject

Di Pantai Nguyahan terdapat banyak gubuk sederhana yang disediakan khusus bagi para pengunjung oleh warga sekitar. Pengunjung bisa memanfaatkannya untuk sekedar santai atau makan-makan sambil menikmati keindahan panorama alam lautan.

Disamping itu juga ada beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman di sana. Hanya saja makanan dan minuman yang tersedia di warung Pantai Nguyahan tidak banyak pilihan menu, sehingga cukup untuk mengisi perut lapar dan dahaga.

5. Pemandangan Bukit di Sekeliling Pantai

Foto Instagram by : @tikamoekarno

Pantai Nguyahan dikelilingi oleh bukit yang cukup tinggi. Hal itu menambah keindahan pemandangan pantai yang terlihat kehijauan. Pengunjung bisa melihat pemandangan Pantai Nguyahan dan lautan dari atas bukit, namun harus tetap hati-hati untuk menjaga keselamatan diri. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai spot foto baik swafoto maupun objek foto itu sendiri.

6. Bisa dijadikan Tempat Memancing

Foto Instagram by : @pantai_nguyahan_

Pantai Nguyahan termasuk dangkal sehingga cukup aman untuk sekedar bermain-main air di tepi laut. Ketika air sedang surut banyak orang yang memancing di sekitar pantai, khususnya ke arah selatan hingga lantai karang tidak terlihat atau di tengah laut. Hal ini membuat suasana pantai lebih asri dan natural.

Lokasi Pantai Nguyahan

Foto Instagram by : @gideon.mahardika

Pantai nguyahan, Gebang, Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Lokasi

Akses menuju Pantai Nguyahan bisa menggunakan transportasi roda dua seperti motor maupun roda empat seperti mobil.Adapun rute yang ditempuh jika dari Yogyakarta adalah melewati Piyungan – Patuk – Gading atau lapangan udara lalu belok kanan – Playen – Paliyan – Pasar Trowono – Kanigoro – Pantai Nguyahan.

Selain itu juga ada rute lain yang bisa ditempuh dan sedikit lebih cepat jika dibanding di atas. Dimulai dari Yogyakarta kemudian Piyungan – Parangtritis – Panggang – Saptosari – Pasar Trowono – Kanigoro dan terakhir sampai ke Pantai Nguyahan.

Harga Tiket Masuk

Sebenarnya untuk masuk ke Pantai Nguyahan tidak dikenakan tiket masuk, hanya saja pengunjung membayar biaya retribusi sebesar Rp 5.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk untuk ke objek wisata pantai lain di sekitarnya seperti Pantai Ngrenehan, Ngobaran, dan Torohudan, dimana harus dibayar ketika berada di pantai Ngobaran.

Selain itu, jika pengunjung menggunakan transportasi sepeda motor, juga akan dikenakan biaya tersendiri sebagai ongkos parkir sebesar Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk mobil. Kebanyakan parkir dilakukan di pantai Ngobaran kemudian pengunjung berjalan menuju Pantai Nguyahan. Namun jika tidak ingin jalan kaki, maka pengunjung juga bisa memarkir motornya di Pantai Nguyahan.

Jam Buka Pantai Nguyahan

Untuk jam buka pantai ini belum mempunyai jam yang di tetntukan. Jadi Pantai Nguyahan ini buka 24 jam untuk kunjungan wisatawan.

Indahnya pantai ini membuat banyak wisatawan untuk mengunjunginya, kalian juga tunggu apa lagi ayo kunjungi Pantai Nguyahan ini bersama kluarga atau teman-teman agar lebih asik saat liburan di sanannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.