Pantai Pok Tunggal, Surga Tersembunyi Di Gunungkidul

0
Rate this post
Foto Instagram by : @agungattriano

Pantai Pok Tungal ini bisa di bilang “The Hidden Paradise” atau surga yang tersembunyi. Istilah ini sangat cocok untuk pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul. Eksotisme pantai ini berada tersembunyi di balik perbukitan karst yang membentenginya.

Meskipun terpencil di balik bukit, lokasi wisata ini tidak pernah sepi dari wisatawan baik weekend maupun libur panjang. Terdapat banyak sekali aktivitas yang dapat kalian lakukan ketika berkunjung ke pntai ini. Mulai dari kegiatan ringan seperti berenang, berjemur, berfoto, divingsnorekling hingga aktivitas ekstrem semisal rock climbing.

Obyek wisata di Pantai Pok Tunggal

1. Aliran sungai bawah tanah

Foto Instagram by : @intanrr_

Ada satu hal unik yang selalu menimbulkan rasa penasaran pengunjung yaitu mengenai adanya sungai bawah tanah di pantai Pok Tunggal. Menariknya, di pantai ini terdapat aliran sungai bawah tanah yang tawar dan tidak tercampur dengan asinnya air laut. Keberadaan sungai ini juga menjadi sumber mata air tawar utama yang menghidupi masyarakat sekitar pantai.

2. Diving dan Snorekling

Foto Instagram by : @achmadsfdn

Layaknya ketika berkunjung ke pantai Nglambor maupun Sadranan, disini Anda juga dapat melakukan aktivitas akuatik seperti diving dan snorekling. Anda tidak perlu khawatir terseret arus karena ombak di area pantai ini cukup tenang. Selain itu, kondisi air lautnya masih alami, tenang dan bening sehingga sangat mendukung aktivitas ini. Akan tetapi, jika Anda ingin melakukan penyelaman baik diving maupun snorekling disarankan untuk membawa peralatan sendiri.

3. Spot foto

Foto Instagram by : @liepriska

Tren kekinian yang sedang berkembang adalah mengupload berbagai foto traveling menarik ke sosial media. Salah satu sosial media yang sering menjadi media utama untuk menunjukkan eksistensi Anda adalah Instagram. Nah, jika tujuan traveling Anda adalah untuk memburu foto-foto berkualitas maka dapat mengunjungi spot foto menarik di pantai Pok Tunggal.

Ada banyak sekali spot foto yang dapat Anda pilih, diantaranya adalah menaiki tangga untuk menuju puncak bukit karst dan membidik sunrise maupun sunset terbaik. Jika Anda malas untuk menaiki puncak bukit karst, maka berfoto dengan latar laut serta langit yang biru pun lumayan bagus. Anda juga dapat memanfaatkan berbagai properti yang ada seperti deretan payung berwarna-warni guna memperindah komposisi gambar.

4. Spot Sunset

Foto Instagram by : @whysgram

Pantai Pok Tungal ini salah satu pantai yang menghadirkan panorama sunset yang sangat indah. Kalian jangan terburu-buru meningalkan pantai ini, karena panorama sunset nya sangat mempesona jangan lewatkan panorama sunset ini, siapkan kamera agar keindahan senja ini bisa di abadikan lewat foto.

5. Camping

Foto Instagram by : @pantai_poktunggal

Seperti pada pantai-pantai lainnya, tentu saja area camping atau perkemahan selalu menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi pada hari-hari tertentu misalnya pada akhir pekan dan hari libur. Kawasan camping di Pantai Pok Tunggal juga merupakan salah satu daya tarik tersendiri para wisatawan khususnya mereka yang menyukai wisata alam jenis ini. Tentunya suasana camping malam hari dengan teman-teman selalu menjadi aktivitas favorit ketika camp.

Lokasi pantai pok tunggal

Foto Instagram by : @husnabahalwan

Lokasi Pantai Pok Tunggal terletak di desa tepus, kec. tepus, Gunung kidul, Yogyakarta. Berada tidak begitu jauh dari pantai lain yang lebih terkenal seperti pantai indrayanti dan pantai siung.

Rute Menuju Lokasi ke Pantai Pok Tunggal

Secara geografis, pantai Pok Tunggal berada di desa Tepus, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Keberadaannya juga terletak di tengah dua pantai lainnya yaitu Pulang Syawal atau Indrayanti dan Siung. Akses menuju lokasi ini dapat ditempuh dengan beberapa modal transportasi seperti motor, mobil hingga kendaraan umum. Jalan menuju pantai Pok Tunggal relatif mudah diakses dari kota-kota seperti Yogyakarta, Wonosari, Wonogiri, Sukoharjo, Klaten maupun Solo.

Apabila Anda memulai perjalanan dari kota Yogyakarta maka jarak tempuhnya sekitar 80 kilometer atau 2 jam perjalanan dengan kendaraan motor atau mobil. Secara singkat, rute yang harus Anda tempuh jika dimulai dari Yogyakarta, anda harus menuju arah Wonosari lalu berbelok ke selatan menuju Tepus. Hanya saja setelah melewati gerbang retribusi dan menemui pertigaan pilih arah kiri untuk menuju ke pantai Pok Tunggal.

Harga Tiket Masuk di Pantai Pok Tunggal

Pergi berwisata ke pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul tidaklah mahal karena biaya tiket masuk maupun parkirnya relatif murah. Pengelola pantai ini membanderol tiket masuk kepada pengunjung dengan kisaran harga Rp 3.000,- untuk motor, Rp 5.000,- untuk mobil, dan Rp 10.000,- untuk minibus. Selanjutnya, bagi Anda yang berniat untuk melakukan kegiatan camping di lokasi ini, maka akan dikenakan biaya tambahan.

Biaya sewa area camping yang harus Anda bayarkan adalah Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,- untuk setiap tenda per malamnya. Sementara itu, apabila Anda ingin camping di area ini disarankan untuk membawa peralatan seperti dome, sleeping bag, matras, dan perlengkapan lainnya sendiri. Hal ini dikarenakan tempat penyewaan peralatan camping di sekitar area pantai Pok Tunggal masih terbatas.

Jam Buka Pantai Pok Tunggal

Jam buka pantai ini 24 jam. Jadi untuk kalian yang ingin berkunjung ke pantai ini tidak akan terhambat oleh waktu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.