Pantai Trikora, Pasir Putih Yang Sangat Mempesona

0
Rate this post
Foto Instagram by : @una_ardika

Pantai Trikora menjadi objek wisata karena memiliki berbagai kelebihan. Air nya yang jernih dan dangkal dan ketersediaan berbagai fasilitas membuat pantai ini populer dan menyenangkan untuk berwisata. Pantai Trikora dibagi menjadi kawasan resor dan kawasan umum.

Di garis pantai yang memiliki panjang kurang lebih 25 kilometer ini tumbuh pepohonan yang bisa menjadi tempat untuk berteduh menikmati ombak. Seperti pohon kelapa, pohon bakau, pohon cemara, serta pohon lain yang dapat melindungi diri dari sengatan sinar matahari.

Untuk memasuki kawasan resor, pengunjung harus check-in terlebih dahulu di resor-resor mewah yang terdapat di Trikora. Sedangkan untuk kawasan umum, pengunjung cukup menyewa pondok-pondok kayu yang cukup untuk satu keluarga.

Di kawasan umum, pengunjung tidak harus membayar parkir. Penyewaan pelampung, alat pancing, dan alat snorkeling juga tersedia di pantai ini.

Beberapa hotel di sana juga menyediakan paket tur menelusuri pulau tak berpenghuni, menyelam, dan permainan pantai seperti banana boat, kano, bermain layang-layang dan masih banyak lagi. Fasilitas lain seperti toilet dan tempat bilas badan juga tersedia.

Daya Tarik Pantai Trikora

1. Pantai Yang Indah

Foto Instagram by : @siti_baharin

Keindahan Pantai Trikora bakal membuat pengunjung berdecak kagum. Keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai lain di Pulau Bali atau Jawa yang udah populer lebih dahulu. Sejauh mata memandang kamu hanya akan melihat laut berwarna biru muda yang jernih dan tenang.

Pasir pantai berwarna putih bersih dan masih bebas dari sampah plastik. Anginnya yang tak henti-henti membuat ribuan pohon kelapa yang tumbuh liar di sepanjang pantai tak berhenti melambai. Pengunjung dapat duduk-duduk di pasir putih pantai sambil minum air kelapa muda langsung dari pohonnya.

Salah satu keunggulan Pantai Trikora dibandingkan pantai lainnya adalah garis pantainya yang sangat panjang dan mencapai 25 km.

Ini jelas adalah sebuah keuntungan buat para pengunjung, karena mereka bisa bebas melakukan berbagai aktivitas keren di sepanjang Pantai Trikora. Bisa bermain layang-layang, main pasir, berenang, naik banana boat, mancing, naik kano, menyelam juga bisa.

2. Pasir Putih

Foto Instagram by : @promowisatabintan

Pantai Trikora mempunyai hamparan pasir putih yang bersih nan cantik, kalian bisa memanfaatkan pasir ini untuk bersantai, bermain pasir bersama anak-anak, berolahraga seperti voli pantai atau sepak bola. Pasir yang indah ini

3. Kuliner Khas

Foto Instagram by : @noviaendahlarasati

Kalo udah capek seru-seruan di Pantai Trikora, pengunjung bisa cicipi kuliner khas setempat. Ada menu otak-otak ikan laut atau cumi-cumi. Mencari menu ii di pantai trikora, sangat mudah. Ada banyak kios penjual makanan yang berjejer di sepanjang pantai.

Ada juga hidangan khas lain Pulau Bintan yang banyak ditawarkan di Pantai Trikora. Yaitu sejenis siput laut yang dinamakan gonggong oleh masyarakat setempat. Siput ini berbeda dengan siput yang di darat. Siput laut rasanya sangat mirip dengan cumi-cumi. Siput laut paling pas kalo dimakan bersama sambal kacang.

4 Asal Usul Nama Pantai Trikora

Foto Instagram by : @tantrisinta

Mengenai asal nama Pantai Trikora masih simpang siur. Ada yang bilang itu berasal dari istilah three corals yang diberikan para wisatawan asing yang berkunjung ke pantai ini. Mengingat Pantai Trikora juga kaya akan batu-batu karang alias koral.

Sedangkan versi lain agak terdengar nasionalis karena mengaitkan nama Trikora dengan jargon Tri Komando Rakyat yang dicanangkan Presiden Sukarno. Ini juga masuk akal karena dulu Pulau Bintan juga jadi basis pertahanan Republik Indonesia.

Lokasi Pantai Trikora

Foto Instagram by : @yopy_batam

Pantai Trikora merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

Rute Menuju Pantai Trikora

Dari Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang pengunjung bisa menyewa taksi hingga lokasi Pantai Trikora dengan lama perjalanan sekitar 65 menit. Namun hal tersebut tentunya akan memakan ongkos perjalanan yang besar.

Alternatif lain adalah dengan menyewa kendaraan, karena saat ini belum tersedia angkutan umum yang melayani rute hingga ke Pantai Trikora. Dengan memakai kendaraan sewa dari pusat kota Tanjung Pinang, bisa memilih rute yang menuju ke perbatasan Kabupaten Bintan.

Pada rute ini, jalan yang akan dilalui sudah cukup bagus dan beraspal. Lalu dari perbatasan Kabupaten Bintan pengunjung bisa menuju ke perbatasan Gunung Kijang. Dari sini bisa langsung menuju Pantai Trikora.

Sepanjang perjalanan, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang ditawarkan.

Tiket Pantai Trikora

Untuk masuk ke objek wisata pantai Trikora ini pengunjung tidak dikenakan biaya tiket. Alis Gratis.

Jam Buka Pantai Trikora

Pantai trikora selalu buka 24 jam sehari, 7 hari sepekan. Dengan demikian pengunjung bisa leluasa merencanakan jadwal kunjungannya di sela-sela kunjungan ke objek wisata lain di kepulauan riau ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.