Pantai Cihara, Pesona Pasir Putih Yang Sangan Indah

0
Rate this post
Foto Instagram by : @saepuljoehard

Pantai memang destinasi wisata yang tidak pernah bosan untuk dikunjungi sampai kapanpun. Terkadang untuk menemukan pantai, wisatawan harus berkunjung ke lokasi yang membutuhkan waktu yang banyak dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun bagi Anda yang berada di kawasan Jabodetabek, jangan khawatir, karena di area Banten. Memiliki banyak pilihan destinasi wisata pantai yang bisa Anda jadikan referensi berlibur salah satunya Pantai Cihara.

Pantai yang terletak di Kampung Sukahujan, Desa Ciparahu, Cihara, Lebak, Banten ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona seperti adanya tebing-tebing tinggi dan pasir halus yang dimilikinya. Pantai yang sejalur dengan Pantai Bayah ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan darat kurang lebih 4-5 jam dari pusat kota Jakarta. Tentu pantai ini selain bisa menjadi tempat wisata Anda melepas penat, tempat ini bisa menjadi pengalaman baru bagi Anda eksplore kawasan Banten dan sekitarnya.

Obyek Wisata di Pantai Cihara

1. Gazeno bergaya etnik

Foto Instagram by : @akatece

Tempat ini dapat Anda manfaatkan untuk makan makanan bekal Anda atau makan makanan dari membeli di beberapa warung yang disajikan. Gazebo di pantai ini terbuat dari bamboo-bambu yang seolah mendukung suasana pantai yang segar dan view pemandangan yang membuat Anda seolah sedang berada di sebuah pedesaan.

2. Batu karang yang indah

Foto Instagram by : @nisynrs

Batu karang yang berada di sekitar area pantai membuat Anda takjub dengan pemandangan yang ada, seperti bertemunya ombak yang memiliki tinggi 3 meter dengan batu karang sehingga indah untuk didengar. Pantai ini menjadi pantai yang bisa melepas penat Anda yang lelah dengan rutinitas kegiatan bekerja seharian dan memanfaatkan waktu libur.

3. Spot untuk berenang

Foto Instagram by : @adventuremarcia

Walaupun mayoritas area di Pantai Cihara ini didominasi oleh karang, namun pantai ini juga bisa dimanfaatkan untuk berenang di bagian-bagian tertentu. Disana juga memiliki pasir putih meskipun porsinya lebih sedikit dibanding pantai lainnya sesama yang terletak di Banten. Area pantai yang dapat digunakan sebagai spot berenang dibatasi oleh batu karang yang berbentuk setengah lingkaran jika dilihat dari kejauhan. Jadi bagi Anda yang gemar berenang, pantai ini tentu sangat bisa Anda manfaatkan untuk berenang sepuasnya.

4. Spot sunset

Foto Instagram by : @ar_shafa

Biasanya Pantai Paspur ini juga dimanfaatkan para wisatawan untuk berburu sunset atau momen matahari tenggelam. Tentu view yang akan diberikan adalah landscape pemandangan pantai dan hamparan karang yang tampak siluet.

5. Tempat untuk hunting kuliner

Selain menyajikan pemandangan yang indah, di tempat ini Anda dapat berburu kuliner sepuasnya karena disana terdapat beberapa pilihan warung makan yang menawarkan banyak pilihan menu ikan laut seperti udang, cumi, atau ikan. Kelebihan lainnya adalah, Anda dapat menikmati kuliner di area ini hingga jam 9 malam, bahkan ada hari-hari tertentu warung disana buka hingga 24 jam.

Lokasi Pantai Cihara

Foto Instagram by : @saepuljoehard

Ciparahu, Cihara, Kabupaten Lebak, Banten, Indonesia, Lebak, Banten.

Akses dan Rute Menuju Lokasi Pantai Cihara

Walaupun Banten terkenal dengan kesenian debusnya, namun provinsi di Jawa Barat ini juga menyimpan banyak tempat wisata yang dapat Anda eksplore. Sampai saat ini tidak sedikit wisatawan mancanegara yang mengunjungi pantai ini karena kearifan lokalnya. Bukan hanya lokasinya yang dekat dengan aktivitas warga di sekitarnya, pantai ini juga disuguhi dengan view persawahan. Perjalanan menuju ke pantai ini juga sudah didukung dengan jalanan yang sudah sangat lancar dan beraspal.

Untuk menuju pantai yang dijuluki Pantai Pasput atau Pantai Pasir Putih oleh warga ini bisa ditempuh dengan melalui beberapa rute antara lain :

1. Jalur Saketi

Serang-Pandeglang-Saketi-Malingping-Pantai Cihara. Rute ini selalu dipilih oleh wisatawan yang sudah terbiasa dan mengenal area ini, karena dengan menggunakan rute ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Walaupun jalanan area ini berkelak-kelok, namun jalanan disana tidak ada turunan dan tanjakan.

2. Jalur Gunung Kencana

Sukabumi-Pantai Sawarna-Malingping-Bayah-Pantai Cihara. Perjalanan yang dibutuhkan untuk melewati rute ini adalah kurang lebih 3-4 jam dan jarang sekali dipilih oleh para wisatawan yang sudah awam dengan area Banten dan sekitarnya. Rute ini memiliki jalanan yang cukup ekstrim dan berkelak-kelok, selain itu penuh dengan tanjakan dan turunan yang berbahaya. Jadi bagi Anda wisatawan yang baru pertama kali untuk menuju ke kawasan wisata ini sebaiknya jangan menggunakan rute ini.

Harga Tiket Masuk di Pantai Cihara

Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke pantai ini beranggapan pantai ini adalah destinasi wisata yang sangat romantic untuk dikunjungi. Oleh karena itu, sampai saat ini banyak pasangan muda yang memilih Pantai Cihara untuk menghabiskan waktu bersama.

Untuk akses masuk ke area pantai ini tidak dikenakan biaya sama sekali, Anda hanya dikenakan biaya parkir untuk kendaraan roda dua Rp 5.000,- dan Rp 10.000,- kendaraan roda empat. Harga yang dipatok oleh pengelola pantai ini dapat Anda manfaatkan sepuasnya, tidak ada batasan waktu.

Jam Buka Pantai Cihara

Pantai ini dibuka 24 jam untuk kunjungan wisatawan.

Ayo segera datangi pantai yang indah ini, jangan lupa ajak keluarga, teman-teman atau pacar agar suasana liburan nya semakin asik dan seru.

Leave A Reply

Your email address will not be published.