Wisata Pantai Watu Bale, Pacitan Keindahan Batuan Karang Yang Menjulang Tinggi

0
Rate this post
Foto Instagram by : @iam_nisrina

Kota Pacitan sebagai salah satu kecamatan di Provinsi Jawa Timur ini tidak hanya terkenal sebagai spot macet saat terjadi liburan panjang atau mudik lebaran saja, namun juga terkenal dengan berbagai nuansa alam yang tentunya mempesona jutaan pengunjung yang datang melihatnya dimana kota Pacitan ini merupakan surga bagi 65 garis Pantai yang mengelilingi nya tak terkecuali Pantai Watu Bale.

Berasal dari bahasa jawa, Bale memiliki arti balai yaitu merupakan tempat istirahat dimana tak jauh dari bibir Pantai ini terdapat batu karang raksasa yang magnificent dengan permukaan atas yang cukup imbang dan halus sehingga dapat dijadikan spot bersantai, duduk, hingga ajang selfie dan fotografi.

Meskipun begitu lokasi menuju batu karang tersebut terbilang sulit karena permukaan tidak lagi dangkal dan ombak cukup besar membuat pengunjung yang meskipun ahli berenang akan menerima cukup tantangan untuk dapat menjangkaunnya. Pantai yang terletak di bagian timur jalur lintas selatan atau jalur utama arus mudik ini juga menghadirkan jernih nya ombak biru laut.

Pantai Watu Bale ini juga berlokasi tidak jauh dari pelabuhan nelayan yang hadir membawakan hasil laut segar sehingga ketika pulang dapat mampir. Pantai yang dilengkapi fasilitas alam seperti batu karang ‘balai’ dan biru laut ini juga menghadirkan rimbunan pepohonan pandan serta bukit yang mengelilinginya bak film animasi Moana ini tampak asri, sejuk dan eksotis dengan hamparan pasir yang luas serta indah.

Daya Tarik Pantai Watu Bale

1. Batu Karang 

Foto Instagram by : @rizalbyzantine

Tak jauh dari bibir Pantai ini terdapat batu karang raksasa yang magnificent dengan permukaan atas yang cukup imbang dan halus sehingga dapat dijadikan spot bersantai, duduk, hingga ajang selfie dan fotografi. Batu karang ‘Balai’ ini merupakan ikon khas dari Pantai Watu Bale sehingga direkomendasikan bagi para pengunjung untuk dapat duduk di atas batu yang megah tersebut.

2. Rimbunan pohon pandan

Foto Instagram by : @watubalepacitan

Pantai Watu Bale ini tidak hanya menampilkan batu karang ‘Balai’ sebagai ikon uniknya namun juga kerindangan pohon pandan yang menjadikan wisata bahari ini semakin eksotis dan mempesona. Rimbunan pohon ini juga membuat Pantai Watu Bale nampak seperti pulau terpencil di negeri antah berantah.

3. Perbukitan

Foto Instagram by : @sabilla058

Salah spot unik di sini yaitu terdapat nya perbukitan yang mengelilingi Pantai sehingga menjadikan akses jalan kendaraan roda empat menjadi sulit. Namun tentu, perbukitan di sini semakin menambah nuansa pulau terpencil yang apabila melihat pemandangan dari atas merupakan bonus tersendiri terutama bagi pecinta olahraga ekstrim yang menyukai tantangan karena akses menuju bukit cukup terjal.

4. Spot foto

Foto Instagram by : @etymiea

Batu karang, rindangnya pepohonan, perbukitan merupakan tiga landscape besar nan mempesona yang ditawarkan wisata bahari ini sehingga sangat disayangkan apabila pengunjung tidak membawa kamera atau HP.

5. Spot Sunset dan Sunrise

Foto Instagram by : @rini_agstinn

Pantai Watu Bale ini menghadirkan keindahan di saat mata hari tenggelam atau matahari terbit. Jadi kalian jangan terburu-buru meningalkan pantai ini karena keindahan sunsetnya sangatlah indah dan untuk kalian yang ingin melihat keindahan sunsrise nya kalian bisa menginap di Pantai Watu Bale ini.

Kalian bisa menyaksikan keindahan panorama tersebut di atas tebing yang tinggi, jangan lupa membawa hp atau kamera ya karna sayang jika moment tersebut tidak di abadikan lewat foto.

Lokasi Pantai Batu Bale

Foto Instagram by : @jokercreator_design

Pantai Watu Bale berada di Jl. Pacitan-Trenggalek, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Rute Menuju Lokasi Pantai Watu Bale

Untuk dapat menemukan lokasi Pantai ini tidak lah sulit karena lokasi nya yang terletak di jalur utama yang ramai terlebih pada liburan panjang dan mudik lebaran yaitu di bagian timur jalur lintas selatan atau jalan Pacitan Trenggalek di Desa Jetak, Kelurahan Tulakan, Pacitan yang apabila melihat pos penjagaan tiket lalu masuk dan ikuti jalan menurun dan beberapa rumah yang akan dilewati.

Kemudian sepanjang perjalanan kurang lebih 10-15 menit tersebut pengunjung akan menemukan pelabuhan ikan kecil dimana yang membawa kendaraan roda empat dapat parkir disitu dan meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki dengan jarak yang lumayan.

Bagi pengunjung yang datang dari Semarang dapat melalui Jalan Nasional III sejauh 5.30 jam sementara pengunjung yang datang dari Jawa Barat dapat melalu Tol Cipali ke Pacitan sejauh 12 jam.

Harga Tiket Masuk di Pantai Watu Bale

Harga tiket masuk Pantai Watu Bale cukup murah kalian hanya membayar Rp 5.000 -/orangnya. Dengan harga tiket itu kalian sudah membatu pembangunan pantai ini dan kalian juga sudah bisa menikmati keindahan yang ada di Pantai Watu Bale.

Harga tiket yang ditawarkan Pantai ini terbilang mura yaitu hanya kurang dari Rp 5.000 saja anda dapat menikmati waktu jam operasional mulai dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 19.00 malam.

Jam Buka Pantai Batu Bale

Untuk jam buka Pantai Batu Bale ini, jam operasional mulai dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 19.00 malam.

Selamat menikmati keindahan Pantai Watu Bale ini dan jaga ke asriannya ya jangan sampai membuang sampah sembarangan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.